5 Tips awal Memulai Menjadi Host, maupun Co host, dari The Lou House, Part-01

Click Here

Tentukan dulu, visi nya akan kemana kah property kalian, kan kah condong menuju ke hotel (langsung besar) atau hanya dengan seupil kamar atau rumah, mungkin ini lebih berhubungan dengan kocek yang kalian punya, koneksi juga niatan juga, karena ini akan menetukan konsep pemasaran yang dilakukan, ingat airbnb bukanlah hotel, live like a local, memang itu sebuah trick marketing mungkin tapi tetap saja pasti banyak pertimbangan dan diuji berkali kali mungkin, ini berarti setiap daerah mempunyai permasalahan masing-masing, setiap belokan punya keunggulan dan kelemahan yang berbeda, pahami dulu itu, juga positioning kalian apa mau turun atau sekali-kali turun, atau terus menerus. (sebagai admin,, Host, cleaning) paham lapangan itu ga harus juga, kok tapi kadarnya saja yang dimainkan. pinta pintarnya kita buat sesuatu yang sifatya kontroling.

Coba ukur sendiri standarisasi kalian terutama dalam masalah kebersihan, apa kalian bisa beres beres sendiri dan diiyakan oleh orang lain atau harus menyuruh orang lain, atau memakai jasa kebersihan misalnya, ini akan menentukan harga jual pastinya.

Saran saja kerjakan dulu semua pekerjaan di aplikasi sendiri, jasa admin sangat bisa dicari, tapi menguasainya dan paham menurut saya adalah mutlak. karena Co Host atau admin tidak bisa mengakses semua fitur dari Main Host, kecepatan mengirim informasi tidak hanya harus dilakukan kepada customer, Inggirs blepotan pun ga apa-apa, toh kalian sudah mencoba sendiri. Dan di Indonesia, bukan hal itu yang menentukan terbentuknya, market di internal pun demikian. Kalo host nya teman dekat atau istri atau ada disekeliling kita mungkin mudah, kalo Co host berjauhan sulit dihubungi atau secara skill dibawah, atau tidak semengerti Main Host, bisa jadi penghambat fatal ditambah daya toleransi yang anggap lah tidak ada, kita berurusan dengan orang yang tidak kita kenal, setidaknya dengan memiliki kemampuan menguasai penuh minimal kalian bisa menyelesaikan masalah sendiri.

Coba lah untuk membersihkan rumah sendirian dulu, ini cuman saran lho..kalo bisa semua peralatan kalian bersihkan, itu membuat kalian menjadi tau medan, mungkin bahkan lubang kecil pada jendela pun akan tahu, dan tahu spot-spot yang, tidak ada salahnya turun ke lapangan sekali dua kali, kadang kalo tertalu sering juga cleaning fee nantinya jadi milik kalian terus dong, coba sedikit untuk orang lain dan berbagi ga apa-apakan, ini memang tidak lazim di dunia Barat, tapi dikita banyak yang mau mengerjakan pekerjaan ini, tapi inipun apabila memungkinkan, Buat kalian yang punya lebih dari satu kamar coba turun bersihin sekamar aja ga ada salahnya kan….? pasti owner akan lebih teliti kalo betul niat membersihkan kamar, anggap itu kamar kita sendiri dengan setumpuk barang kita didalamnya.

Pahami betul, bahwa menyiapkan berbagai fasilitas atau amenities dahulu adalah mutlak, off kan listing terlebih dahulu sebelum semua lengkap, jujur saja kalo sudah jalan, susah buat inget lagi melengkapi prentilan amenities, yang ada kita biasanya fokus pada tamu atau menjadi host bagi yang nge host langsung, buat yang punya pegawai pasti akan konsen ke pegawai kita sebagai admin, kita sudah dalam tahap mengontrol area marketing dan pelayanan, diakhir pada post kali ini yang paling harus dipahami adalah ..? SABAR jangan merasa diatas karena barang atau design penataan ruangan kita baik, mahal atau instaramable, ingat review tamu itu penting, juga akurasi dan respon, sebagai penilaian dasar dari aplikasi ini. Karakter manusia tidak ada yang sama.

Oh Iya saran saya tamu pertama yang kita Host jangan dilewatin, karena moment itu yang ga pernah dilupakan disitulah kita balik menggunakan sosial bounding kita, setelah mungkin tidak ada atau dihilangkan selama bercakap di fitur chat nya, makanya ada istilah, “First Guest Will Never forget” ya betul kok itu, lagian apa salahnya mencoba dulu sendiri, betapa kikuknya kita biasanya, apalagi kalo kita ga begitu terbiasa berhadapann dengan orang baru, atau malah orang baru dari negara lain. (Dr. Lou)

Mungkin ssegitu dulu yahhhh…..Lanjut Vol 2..

2 thoughts on “5 Tips awal Memulai Menjadi Host, maupun Co host, dari The Lou House, Part-01

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.